Meneguhkan Kebersamaan Dalam Mengemban Tanggung Jawab



Pernah kita mengamati cara hidup/terbang angsa...?
Bila musim berganti, biasanya kawanan angsa akan berpindah tempat secara berkelompok. Mereka terbang mencari tempat persinggahan yang baru.
Pada saat kawanan angsa itu mengudara, mereka akan membentuk huruf "V".
Mengapa demikian...?
Ternyata, ketika mereka bersama sama mengepakkan sayapnya, maka angsa yang dibelakang akan terangkat sehingga seluruh kawanan akan terbang lebih cepat jika dibandingkan mereka terbang sendirian.
Bahkan kebersamaan mereka memperingan daya terbang mereka hingga 71%.
Apabila seekor angsa mulai meninggalkan formasi, ia akan kehilangan kecepatan daya terbangnya sehingga ia tersadar untuk segera kembali ke formasi semula.
Ia selalu dipengaruhi dan disemangati oleh angsa angsa lainnya yang ada didepannya.
Ketika pemimpin kawanan angsa terdepan itu mulai lelah, ia akan berputar kebelakang dan seekor angsa lainnya maju menggantikan dan mengambil alih pimpinan sehingga perjalanan mereka tetap terjaga dengan baik. Angsa yang dibelakangpun memiliki peran yang penting. Mereka memberi tanda dengan memberi suara "klakson" bagi angsa didepannya untuk memberi semangat angsa angsa lainnya yang ada didepan sehingga mereka pun dapat mempertahankan kecepatannya.
Ada kalanya perjalanan merek tidak mulus. Mungkin tertembak oleh pemburu atau sakit ditengah penerbangan sehingga seekor angsa kemudian terpaksa meninggalkan formasi kelompok mereka.
Angsa tersebut tidak akan ditinggal sendirian . Dua ekor angsa lainnya juga turut undur untuk menopang dan melindunginya sampai mendarat. Mereka akan menungguinya sampai angsa yang lemah tersebut bisa sembuh.
Namun bila ternyata sang angsa kemudian mati, makan rekannya baru segera pergi bergabung dengan kawanan berikutnya untuk melanjutkan perjalanan.
Apa yang bisa kita petik dari pelajaran angsa ini...?
  1. Pertama. Orang yang memiliki rasa kebersamaan mampu sampai ke tujuan dengan lebih cepat dan lebih mudah. Hal ini terjadi karena mereka mendapat dukungan dari yang lain. 
  2. Kedua. Sebuah beban pekerjaan atau perjalanan seberat apapun tidak akan menekan bila ditanggung bersama atau secara bergiliran. Beban pasti akan terangkat dan jalan pasti akan terlampaui. 
  3. Ketiga. Orang yang memiliki kesetiakawanan tidak akan merasa rugi dan kesepian. Ia justru memiliki peran yang berarti bagi pihak lain sekaligus tidak ditinggalkan oleh lingkungannya.
Semoga inspirasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Suatu pagi dihari minggu. 06092015.

Share on Google Plus

About Mas Nur Haryono

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang bijak. Tukang jual obat kuat dilarang berkomentar karena mengganggu pembaca yang lainnya.