Sudah Saatnya Kita Jual Listrik Ke PLN

Sudah Saatnya Kita Jual Listrik Ke PLN
Pemerintah sedang menyiapkan aturan penjualan listrik rumah tangga ke PLN melalui solar cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Berapa biaya investasi yang harus dikeluarkan?
Kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM Rida Mulyana, kepada detikFinance, bahwa Sollar Cell bisa menghasilkan listrik 250watt dan satu paket solar cell dengan ukuran 30x30cm harganya mencapai sekitar Rp.3.000.000,-.


"Harganya satu lembar itu sekitar US$ 260 atau sekitar Rp 3 juta, jadi kalau dua lembar kan Rp 6 juta hasil listriknya 500 watt, kalau semua atap rumah dipasang pasti cukup signifikan kan," kata Rida.

Saat ini, pihaknya sedang merampungkan berapa tarif penjualan listrik dari rumah ke PLN, tujuannya agar masyarakat mau berinvestasi memasang solar cell di atap rumah.

"Tahun ini target kami aturannya keluar, termasuk berapa tarifnya, agar masyarakat mau investasi, mau ganti atapnya dengan solar cell saja. Kita ingin pastikan dengan tarif ini, masyarakat diuntungkan, pemerintah berkurang bebas subsidinya, dan PLN juga untung," tutup Rida.


Jadi sudah saatnya kita tidak tergantung terus pada PLN karena sudah ada sulusi mengatasi mahalnya tarif listrik akhir akhir ini atau bahkan ini bisa menjadi solusi bagi daerah daerah yang belum terjangkau listrik PLN.


Sumber: http://finance.detik.com/read/2015/05/06/104051/2907056/1034/pasang-solar-cell-di-rumah-anda-dan-jual-listriknya-ke-pln
Share on Google Plus

About Mas Nur Haryono

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang bijak. Tukang jual obat kuat dilarang berkomentar karena mengganggu pembaca yang lainnya.