Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Menghilangkan Keputihan Secara Alami - Obat herbal keputihan alami yang ampuh biasanya terdiri dari ramuan tumbuh-tumbuhan yang diolah secara tradisional serta tidak menggunakan bahan-bahan kimiawi. Metode pengobatan alami ini dianggap lebih mumpuni dan lebih aman bagi kesehatan vagina terutama jika terkena masalah keputihan.

Keputihan adalah salah satu gangguan yang umum dialami kaum wanita. Cairan ini terbentuk dalam kelenjar vagina dan leher rahim yang keluar melalui vagina dengan membawa bakteri dan sel-sel yang telah mati. Keputihan bukan penyakit tapi adalah gejala dari adanya gangguan yang terjadi dalam sistem reproduksi wanita.

Pada dasarnya keputihan adalah normal dan tidak perlu diobati. Adapun jumlah, bau dan warna keputihan tergantung pada beberapa kondisi. Misalnya, jumlah cairan keputihan yang keluar akan lebih banyak saat masa ovulasi tiba, saat menyusui atau saat terangsang secara seksual.

Keputihan bisa dianggap sebagai sebuah gangguan jika warna dan bau yang muncul sudah tidak biasa, terutama jika disertai dengan rasa gatal atau terbakar di area vagina. Jika ini yang terjadi maka kemungkinan ada infeksi atau kondisi medis lainnya di area kewanitaan. Jika anda mengalami hal tersebut maka ada baiknya anda mulai mencari obat-obatan alami untuk menyembuhkan keputihan tersebut.

Langkah pertama menyembuhkan keputihan adalah mengetahui jenis keputihan yang sedang didapat, apakah keputihan normal atau abnormal. Ciri-ciri keputihan abnormal yang paling umum adalah warna kadang kecoklatan, hijau, putih susu dan kadang juga bercampur darah, disertai rasa gatal dan berbau.
Jenis-Jenis Obat Keputihan Alami

Seperti telah dijelaskan di atas, anda baru boleh khawatir jika keputihan yang anda alami adalah jenis keputihan abnormal. Saat ini telah ada beberapa obat tradisional untuk menyembuhkan keputihan yang bisa digunakan seperti daun beluntas dan temu kunci.

Dan supaya lebih lengkap, di bawah ini telah kami kumpulkan beberapa jenis obat keputihan alami yang bisa anda pilih dan gunakan untuk mengatasi gangguan pada area kewanitaan.

1. Bawang putih

Bawang sebagai obat keputihan alamiManfaat bawang putih untuk mengobati keputihan sudah dikenal sejak jaman dulu. Satu siung bawang putih dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri atau jamur pada area vagina. Cara menggunakannya, ambil satu siung bawang putih kemudian kupas kulitnya sampai bersih dan potong menjadi dua bagian. Sebelum tidur, letakkan potongan bawang putih tadi di atas vagina sampai pagi hari.

2. Kunyit

Menghilangkan Keputihan Secara AlamiKunyit termasuk jenis umbi-umbian yang mengandung bahan anti bakteri yang bisa menyembuhkan keputihan abnormal. Umbi kunyit yang digunakan adalah yang telah berusia lebih dari satu tahun.

Cara membuat obat keputihan alami dari bahan kunyit, ambil 2 rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gengaman buah asam dan satu potong gula aren. Semua bahan direbus dengan satu liter air sampai mendidih kemudian disaring. Minum air rebusan tersebut satu gelas satu hari.

3. Daun sirih
Menghilangkan Keputihan Secara Alami dengan daun sirihSalah satu obat keputihan alami yang biasa digunakan kaum wanita adalah rebusan daun sirih. Caranya dengan merendam daun sirih secukupnya ke dalam air selama sekitar satu atau dua jam. Air rendaman daun sirih tersebut kemudian digunakan untuk membersihkan vagina.

Obat alami dari daun sirih juga sudah dibuat dalam bentuk sabun yang bisa dipakai untuk membersihkan area kewanitaan secara rutin. Pilihlan sabun dengan kadar asam yang tidak terlalu tinggi agar tidak merusak ekosistem bakteri di vagina.

4. Akar bayam
 

Menghilangkan Keputihan Secara Alami dengan daun sirihSalah satu cara mengatasi keputihan abnormal adalah dengan menggunakan obat tradisional akar bayam. Tumbuhan ini mengandung sifat sebagai ant bakteri yang kuat yang dapat membunuh bakteri jahat dalam vagina dan menyembuhkan infeksi penyebab keputihan. Akar bayam digunakan dengan cara dibuat jus dan diminum dua kali sehari.

 


5. Biji ketumbar dan biji mangga

Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia karena kesuburan tanahnya membuat banyak tanaman obat dapat tumbuh dengan subur, salah satunya adalah biji ketumbar dan biji mangga yang baik sekali untuk mengobati keputihan secara alami.

Untuk membuat obat keputihan alami dari biji ketumbar, rendamlah biji ketumbar semalaman kemudian minum air rendaman tersebut keesokan harinya saat perut masih kosong. Lakukan metode ini selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih manjur.

Biji mangga yang telah dikeringkan juga ampuh mengobati keputihan secara alami. Caranya keringkan dan giling biji mangga sampai hancur dan menjadi bubuk. Campur bubuk biji mangga dengan beberapa tetes air sehingga menjadi adonan. Oleskan adonan tersebut di dalam vagina untuk mengatasi keputihan abnormal.

6. Akar mawar

Jika bunga mawar ampuh untuk merawat wajah maka akar tanaman ini juga bermanfaat mengobati keputihan yang telah mengganggu. Caranya, ambil akar mawar secukupnya kemudian cuci hingga bersih, setelah itu rebus dengan air. Minumlah air rebusan akar mawar secara teratur untuk mengurangi rasa gatal akibat keputihan.

Pada dasarnya penyembuhan keputihan sangat tergantung dari penyebab keputihan tersebut terjadi. Jika penyebabnya adalah jamur maka gunakan obat anti jamur yang berbentuk gel atau krim yang dimasukkan ke dalam vagina. Dan jika penyebab keputihan adalah bakteri maka dokter biasanya memberi pasien pil antibiotik atau krim.

Penggunaan obat-obatan seharusnya dilakukan atas rekomendasi dokter. Dan jika anda ingin menggunakan ramuan tradisional maka anda bisa memilih salah satu dari enam jenis obat keputihan alami di atas yang paling umum digunakan wanita untuk menyembuhkan keputihan abnormal yang dialami.
Tips Agar Terhindar Dari Keputihan Abnormal

Pada dasarnya keputihan abnormal bisa dihindari dengan selalu menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa tips cara mencegah infeksi vagina yang dapat menyebabkan munculnya keputihan abnormal.

  1. Jaga selalu kebersihan vagina dengan rajin mencucinya secara teratur menggunakan sabun khusus dan air hangat.
  2. Jangan menggunakan sabun wangi dan produk feminin atau douche untuk membersihkan vagina.
  3. Setiap buang air kecil, selalu bersihkan area kewanitaan dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi.
  4. Jangan bertukar handuk dengan orang lain.
  5. Kenakan celana katun 100%, dan hindari pakaian yang terlalu ketat.
  6. Gunakan pembalut yang baik dan gantilah sesering mungkin, jangan tunggu sampai pembalut penuh.
  7. Hindari stres karena tekanan pada jiwa yang berlebih akan menyebabkan keputihan pada wanita.
  8. Banyak minum air putih dapat menetralkan kondisi asam basa area kewanitaan.
  9. Rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan membunuh bakteri dari dalam.
Terlalu sering membersihkan vagina juga menyebabkan keputihan abnormal apalagi jika bahan yang digunakan berupa antiseptik yang dapat membunuh bakteri di vagina. Seperti diketahui, di dalam ekosistem vagina terdapat bakteri-bakteri baik yang menjadi benteng bagi tubuh dari jamur atau bakteri jahat. Bakteri baik tersebut ikut terbunuh oleh antiseptik yang digunakan.

Semua wanita sejak kecil sudah harus menjaga kebersihan vaginanya untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri yang menjadi penyebab munculnya keputihan abnormal. Mencegah tentu saja lebih baik dari mengobati meskipun saat ini telah banyak obat keputihan alami yang sangat ampuh mengatasi keputihan tanpa efek samping.
Share on Google Plus

About Mas Nur Haryono

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang bijak. Tukang jual obat kuat dilarang berkomentar karena mengganggu pembaca yang lainnya.